Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara membuat jurnal tugas akhir yang baik dan benar. Ketika Anda membuat tugas akhir harus sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa informasi dibawah ini.
Contoh Artikel
Tata sistem penulisan jurnal penelitian kerap kali kali membuat sahabat-sahabat guru/dosen mengalami bingung, walaupun di era baru pendidikan kita kini menuntut jurnal sebagai syarat utama dalam bermacam moment seperti kenaikan pangkat, pengevaluasian kinerja dan lainnya.
Cara Membuat Artikel
Tiap-tiap jurnal yang terbit malahan tidak terlepas dari sebagian kaidah atau undang-undang yang berbeda-beda, tergantung porsi yang diinginkan penerbit. Tipe ini penulis berharap mencoba berbagi sedikit pengetahuan bagaimana sistem dan prosedur dalam penulisan jurnal. Sebelum kita lebih jauh membahas tentang pembuatan jurnal lebih bagus kita kenalan dahulu.
Apa itu jurnal?
Pengertian jurnal ialah sebuah publikasi periodik dalam wujud artikel yang diterbitkan secara terjadwal , dalam hal ini biasanya jurnal diterbitkan pada interval waktu tertentu seperti setiap 4 bulan atau setiap 1 tahun. Jurnal memiliki sebagian jenis yang diantaranya ialah Professional or Trade Journals, Popular Journals, dan Scholarly Journals. (wikipedia)
Pada biasanya jurnal memiliki cakupan materi yang luas melainkan sungguh-sungguh padat, hanya terdiri dari 6 hingga 8 halaman, melainkan di setiap kalimatnya bernilai ilmu pengetahuan. Tujuan pembuatan jurnal ialah untuk mengembangkan sebuah penelitian yang telah dituliskan serta menjadi referensi untuk para peneliti lainnya sedang melaksanakan aktivitas penelitian yang sejenis.
Jurnal pada biasanya berisi sejumlah referensi yang menjadi referensi penulisan setiap artikel. Abstrak artikel yang ditulis tidak sebatas laporan penelitian, melainkan bisa pula berupa ulasan literatur.
Susunan Jurnal yang Benar
1. Judul
2. Sistem
3. Pendahuluan
4. Bahan dan Sari
5. Hasil
6. Pembahasan
7. Tiap-tiap
8. Daftar Pustaka
Cara membuat jurnal tugas akhir
Penjelasan komponen-komponen Jurnal, sebagai berikut :
1. Judul
Direkomendasikan jurnal ilmiah seharusnya memiliki judul yang jelas. Dengan membaca judul, akan memudahkan pembaca mengenal inti jurnal tanpa seharusnya membaca keseluruhan dari jurnal hal yang demikian. Judul tidak boleh memiliki makna ganda. Abstrak tidak boleh lebih dari 12 kata jurnal berbahasa Indonesia dan lebih dari 10 kata jurnal berbahasa Inggris. Judul ditulis di tengah atas halaman, menerapkan huruf kapital, dan dicetak tebal.
2. Nama
Nama Penulis, Nama Pembimbing I, Nama Pembimbing II, tanpa gelar akademik direkomendasikan disertai nama lembaga (afiliasi : nama prodi, fakultas, dan universitas), serta direkomendasikan menyertakan alamat dan email.
3. Sistem
Sistem berbeda dengan ringkasan. Abstrak abstrak dalam jurnal ilmiah berfungsi untuk mencerna secara singkat isi jurnal. Sistem di sini dialamatkan utnuk menjadi penjelas tanpa merujuk pada jurnal. Abstrak abstrak seharusnya mempersembahkan sekitar 250 kata yang merangkum tujuan, sistem, hasil dan ringkasan. Jangan pakai singkatan atau kutipan dalam abstrak. Pada abstrak seharusnya berdiri sendiri tanpa catatan kaki. Sistem ini biasanya ditulis terakhir. Sistem gampang untuk menulis abstrak ialah mengutip poin-poin paling penting di setiap komponen jurnal. Kemudian menerapkan poin-poin untuk menyususn deskripsi singkat tentang jurnal yang telah diciptakan. Penulisan abstrak diketik menerapkan 1 spasi.
4. Kata Kunci
Kata kunci sebanyak 3-5 kata, diambil dari inti yang akan dibahas dalam penelitian.
5. Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang kenapa penelitian dilaksanakan, uraian keadaan sulit yang akan diteliti, dikaitkan dengan teori, dan diakhiri dengan tujuan dilaksanakan penelitian hal yang demikian. Penulisan diketik dengan 2 spasi, kurang lebih 4-6 halaman.
6. Sari Penelitian
Abstrak ini membeberkan ketika percobaan telah dilaksanakan. Peneliti membeberkan desain percobaan, peralatan, sistem pengumpulan data, dan jenis penguasaan. Regulasi percobaan dilaksanakan di alam, karenanya penulis membuktikan daerah penelitian, lokasi, dan juga membeberkan pekerjaan yang dilaksanakan. Sistem umum yang perlu diingat ialah komponen ini seharusnya memaparkan secara mendetail dan jelas sehingga pembaca memiliki pengantahuan dan teknik dasar agar bisa dipublikasikan. Penulisan Sari diketik dengan 2 spasi, kurang lebih 1 halaman.
7. Pembahasan/Hasil Pembahasan
Pembahasan bisa dibagi dalam sebagian sub komponen. Diketik dalam 2 spasi. Penulisan kurang lebih 4-6 halaman. Dalam pembahasan membandingi hasil penelitian dengan model atau teori yang diacu, dan menghubungkan hasil penelitian Anda dan penelitian sebelumnya dengan menonjolkan persamaan dan membahas perbedaannya. Pembahasan digunakan untuk hasil penelitian kualitatif, walaupun Hasil dan Pembahasan digunakan untuk hasil penelitian kuantitatif.
8. Tipe
Dalam ringkasan yang dibahas pembuktian hipotesis dari penelitian, ditulis ringkas yang memuat info yang cukup sehingga pembaca mengenal bahwa telah membuktikan hipotesis yang telah dilaksanakan dan dalam mengenal kelebihan dan kekurangan sistem. Unsur biasanya terdapat rekomendasi yang berisi kemungkinan penelitian lebih lanjut, dan potensi-potensi yang dimiliki sistem yang digunakan bisa dimasukkan.
9. Daftar Pustaka
Daftar pustaka pada karya ilmiah ditulis lantas sesudah teks usai (tidak perlu ganti halaman baru), walaupun daftar pustaka pada makalah, buku, atau penelitian ditulis dengan berganti halaman baru. Abstrak penulisan daftar pustaka diberi judul DAFTAR PUSTAKA, dicetak tebal dengan huruf tegak, kapital segala.
yang ditulis dalam daftar pustaka secara berturut-ikut serta mencakup: (1) nama pengarang ditulis dengan urutan: nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelar akademik, (2) tahun penerbitan, (3) judul, termasuk subjudul, (4) daerah penerbitan, dan (5) nama penerbit. Unsure-elemen hal yang demikian bisa bervariasi bergantung kepada jenis sumber pustakanya.
Posting Komentar untuk "Cara membuat jurnal tugas akhir yang benar dan baik"